Misteri dan wisata pulau sempu (segoro anakan)

objek wiisata di indonesia
pulau sempu


Wisata pantai pulau sempu (segoro anakan) - pulau sempu merupakan objek wisata yang menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa dan dengan keindahan pantai dan terkenal airnya yang sangat jernih dengan dengan pasirnya berwarna putih cerah menyejukkan mata para wisatawan, tempat ini memang tidaklah terkenal seperti wisata pantai lainnya, dan masih asing di telinga para wisatawan, dengan seiringnya waktu berjalan, wisata pulau sempu ini semakin tahun bertambah pengunjungnya sehingga menjadi objek wisata yang cukup di favoritkan bagi wisatawan dari berbagai daerah di indonesia .

Memang Malang terkenal dengan objek wisata yang paling indah di jawa timur, berbagai tempat objek wisata di sajikan di kabupaten malang selatan ini ,pulau sempu memang cukup indah dan sangat mempesona di mata para wisatawan dan salah satu merupakan objek wisata primadona wisata di kabupaten malang selatan ,pulau sempu juga di katakan sebuah laguna yang tersembunyi di belakang tebing di seberang pantai sendang biru. 

Wisata pulau sempu (segoro anakan)

Selain terkenal dengan keindahan alamnya wisata pulau sempu ini sangat eksotik dengan menampilkan beberapa keindahan pantai yang juga di sebut segoro anakan dan anda harus juga mengetahui pulau sempu malang angker cerita dari masyarakat menginformasikan seperti itu ,namun anda jangan takut dan tegang jika niatnya baik insyaallah bai baik saja , dan selain cerita mistisnya di pulau sempu memberikan keunikan tersendiri dengan hadirnya ribuan ekor ikan kecil kecil yang menambah gairah anda semakin nyaman dan menggembirakan, tempat ini sebagai surga yang ada di dunia dengan menampilkan keindahan alamnya dan pantai yang sangat sangat indah dan mempesona. 
Anda pun tidak akan kecewa jika berkunjung ke wisata pulau sempu ini, untuk mencapai lokasi ke wisata pulau sempu untuk harga tiket masuk pulau sempu malang cukup murah, anda membutuhkan waktu 3 jam dari kota malang menuju lokasi wisata, juga dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi atau pun sewaan, untuk menyewa kendaraan anda harus mengeluarkan 400 ribu untuk pulang pergi dengan kapasitas 7 orang + 1 supir, sungguh melelahkan perjalanan anda untuk mencapai ke temapat wisata ini, namun anda tidak perlu putus asa, karena akan terbayar dengan keindahan alamnya yang sangat luar biasa, dan tidak akan kecewa bila anda sudah mencapai lokasi wisata pulau sempu ini.

objek wisata di indonesia

Memang perjalanan cukup lama dan cukup melelahkan, dari kota malang untuk ke lokasi pantai sendang biru membutuhkan kurang lebih hampir 3 jam perjalanan itu pun belum ke pulau sempu, jika anda ingin berkunjung kesini usahakan jangan dadakan dan persiapkan waktu anda untuk menikmati surganya pulau sempu dan tidak cukup kalau hanya 1 hari saja dan persiapkan waktu anda untuk berliburan ke pulau sempu ini ,dan mulailah perjalanan pada dini hari sekitar jam 01.00 dari kota tempat anda tinggal untuk menghindari kemacetan di jalan dan sampai di tujuan pagi hari dan juga menikmati sejuknya udara dingin pantai sendang biru sebelum menuju ke pulau sempu. baca juga wsata pantai lenggoksono

Jika letak dan tempat tinggal anda jauh dari kota malang atau pun dari lokasi tempat wisata, usahakan persiapkan kesehatan diri anda sebelum memulai perjalanan, dan bawalah bekal makanan yang cukup dan air mineral, karena setiba di pulau sempu tidak ada makanan atau pun orang berjualan, dan juga bisa membeli san mempersiapkan bekal anda di pantai sendang biru disitu banyak orang berjualan .
Dan untuk memasuki kawasan pantai sendang biru anda harus mengeluarkan biaya 5.000 per orang untuk tiket masuk ke pantai sendang biru ,disini anda bisa istirahat sejenak dan di pantai sendang biru ini anda bisa menikmati pantai dan perahu perahu nelayan yang berbaris dan tertata rapi di sepanjang bibir pantai mau pun juga di tengah lautan .

objek wisata di indonesia

Anda nantinya akan menaiki perahu ini untuk menuju ke pulau sempu ,selain di pakai oleh wisatawan perahu perahu ini juga di pakai sebagai nelayan untuk mencari ikan ,sebelum memyeberang ke pulau sempu dan segoro anakan di wajibkan meminta izin terlebih dahulu di Resort Konservasi wilayah pulau sempu terlebih dahulu, yang letaknya tidak begitu jauh dari tempat penitipan kendaraan.
Untuk mengurus surat perizinan anda mengeluarkan biaya 20.000 untuk satu kali jalan, dan jika bagi anda yang belum pernah sama sekali mengunjungi pulau sempu atau segoro anakan sebaiknya anda menyewa seorang guide yang akan menuntun sampai lokasi segoro anakan untuk biaya seorang guide anda perlu mengeluarkan biaya 70.000 sampai dengan 100.000 .

Perjalanan antara Pantai Sendang Biru-Pulau Sempu (lokasi penurunan penumpang) menempuh perjalanan selama 15-20 menit perjalanan. Selama perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan antar keindahan pantai yang sangat bening (ikan dan karang didasarnya dapat dilihat dengan mata) dan tebing atau bukit yang ditumbuhi pepohonan.

Setibanya di pulau Sempu, nelayan kapal akan sedikit memberitahukan mengenai jam penjemputan yang tidak boleh melebihi pukul 17.00 sore, bukan karena apa-apa namun apabila melebihi jam tersebut maka akan ada tambahan biaya lagi. Sangat disarankan bagi seluruh wisatawan memiliki nomer telepon dari nelayan tersebut. Agar mempermudah untuk komunikasi dengan nelayan saat penjemputan.

 Dari pulau Sempu inilah perjalanan panjang kedua dimulai. Pengunjung akan menempuh perjalanan sejauh 10-15 km atau dengan kata lain 2-3 jam perjalanan. Perjalanan ini akan lebih lama apabila pengunjung datang disaat musim hujan, karena tanah untuk berpijak akan berubah menjadi lumpur.
Perjalanan menyusuri hutan di pulau Sempu ini sangatlah menantang, terutama bagi para pecinta alam. Meskipun rute perjalanan telah dibuat oleh pengunjung sebelumnya, namun sangat diwajibkan untuk tetap mengikuti arahan dari Guide atau yang telah berpengalaman di pulau tersebut. Sangat diwajibkan pula jangan sampai ada salah satu pengunjung dari rombongan terpisah, karena pulau ini masih sangat alami jadi ditakutkan akan tersesat nantinya.


objek wisata pantai di indonesia

Seperti sebuah pepatah mengatakan Berakit-rakit ke hulu, Berenang-renang Ketepian, Bersakit-sakit dahulu, Bersenang-senang Kemudian .Mungkin pepatah inilah yang pantas setelah kita tiba di Segara Anakan. Hanya keindahan dan keeksotikan yang akan pengunjung temui di lokasi wisata ini.
Pantai dengan pasir putih bersih, air pantai berwarna biru yang sangat jernih, ombak yang tidaklah besar ditambah dengan banyaknya ikan-ikan kecil yang berlalu-lalang disekitar pantai tersebut. Belum lagi disempurnakan dengan bukit-bukit yang mengelilingi pantai ini menjadikan pantai ini semakin indah dan eksotik. Ada berbagai macam kegiatan yang dapat pengujung lakukan di lokasi pantai Segara Anakan ini, diantaranya:

Berenang, Memancing dan Berkemah bagi anda yang tidak membawa peralatan kemah anda bisa memesan penginapan pulau sempu malang yang sudah di sediakan oleh pengelolah wisata. Struktur pasir pantai yang cukup landai, ombak yang tidak terlalu besar dan keindahan pantainya banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menyegarkan diri sekaligus membersihkan badan dari lumpur. Satu lagi keindahan alam yang dapat pengunjung saksikan di sekitar lokasi ini. 

apabila pengunjung sedikit naik di atas bukit, maka pengunjung akan mendapati pemandangan laut lepas Samudra Hindia yang sangat menawan dan indah.
Namun, sangatlah wajib bagi para pengujung sekalian untuk tetap menjaga kondisi alam disekitar Konservasi ini. Jangan pernah meninggalkan apapun terutama sampah. Angkutlah kembali sampah buangan pengujung sekalian. Selain itu jangan pernah merusak apapun yang ada di dalam ekosistem alam tersebut, karena sangat disayangkan apabila terjadi pengerusakan.
Dikarenakan perjalanan kembali yang cukup panjang (melalui rute sama saat berangkat) oleh karena itu pengunjung hanya diberikan sedikit waktu saja menikmati keindahan pantai yang eksotik ini. Sekitar 1,5-2 jam saja.

 Meskipun hanya sebentar saja, akan sangat menyenangkan sekali berada di pantai Segara Anakan tersebut. Sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Perjalanan kembali sama seperti saat perjalanan berangkat yakni sekitar 2,5-3 jam perjalanan hingga sampai ke pulau Sempu dan menyebrang ke pantai Sendang Biru.

Misteri di pulau sempu 

Misteri Pulau sempu banyak yang membicarakan kalau pulau sempu ini memiliki misteri atau cerita mistis  di balik keindahan yang tersembunyi juga menyimpan sebuah misteri yang sebagian orang mempercayainya dan ada juga yang hanya menganggap hal itu adalah cerita omong kosong semata .
Mungkin ini adalah kasus tersesatnya para wisatawan yang sering kita dengar. Saat seorang wisatawan mengambil entah itu batu, pasir ataupun tanaman lain yang ada di pulau sempu ini pasti saat perjalanan pulang yang notabene jalan yang dilalui merupakan jalan yang sama dengan jalan saat berangkat, akan tetapi mereka malah tersesat jauh dari jalur yang sudah ditentukan. 

Berdasarkan kasus yang sudah- sudah, setelah wisatawan tersebut ditemukan, saat itulah mereka bercerita jikalau mereka telah mengambil sesuatu dari pulau sempu tersebut. Sesuai dengan kode etik pecinta alam, jangan mengambil sesuatu kecuali gambar memang harus diterapkan dimanapun saat kita melakukan kegiatan dialam bebas.

Terkadang memang kita melakukan wisata ke pulau sempu adalah untuk bersenang-senang. Menikmati keindahan alam dan sejenak melupakan rutinitas keseharian. Akan tetapi kita sering lupa untuk mengontrol emosi kita. Membatasi tingkah laku kita untuk tidak berbuat yang memang tidak semestinya.
Terkadang banyak orang yang menganggap pulau sempu adalah tempat mainannya anak kecil, ada yang mengentengkan jalur menuju kesegara anak adapula yang lain. Dengan demikian mereka lalu lupa dengan sopan santun dan etika ketika dialam. 

Maka pada saatnya mereka malah tersesat di dalam hutan pulau sempu. Banyak orang yang meyakini akan hal ini dan tidak mau meremehkan alam pulau sempu, akan tetapi tidak sedikit pula yang tetap meremehkan karena tidak percaya dengan misteri pulau sempu yang satu ini.
Waktu maghrib adalah waktu untuk beristirahat, meninggalkan semua aktivitas dan melakukan sholat maghrib. Akan tetapi jika anda dalam perjalanan menuju ke segara anak dan datang waktu maghrib, maka sebaiknya anda berhenti sejenak dan menunggu senja berganti malam. 

Karena banyak sekali wisatawan yang tersesat pada waktu-waktu mendekati maghrib. Demikian diatas mungkin adalah misteri – misteri pulau sempu yang ramai diperbincangkan, anda bisa percaya atau tidak terserah keyakinan anda, akan tetapi selalu jaga tingkah laku anda ketika berada di pulau sempu, karena sekali saja anda tidak mengatur sopan santun di pulau ini maka tersesatlah resikonya.Dan jangan lupa selalu bawa sampah anda kembali untuk dibuang pada tempatnya.

Semoga informasi mengenai wisata pulau sempu ini bermanfaat bagi kita semua khususnya para pengunjung yang ingin berliburan di pulau sempu ini dan masih banyak info tentang wisata di indonesia yang bisa anda temukan di WisataNesia, dan berbagai wisata alam pantai dengan menyajikan keindahan alam yang mempesona bermanfaat bagi kita semua khususnya para pencinta alam.

Subscribe to receive free email updates: