Sejarah pantai Boom Banyuwangi yang sangat populer saat ini



Pantai BoomBanyuwangi - Pantai Boom ini adalah salah satu destinasi wisata andalan Banyuwangi. Lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau membuat setiap orang yang berkunjung ke pantai ini betah berlama lama menikmatinya.

Dari Kantor Bupati hanya berjarak sekitar 2 km saja, sedangkan dari Taman Blambangan hanya 500 meter.
Tak salah memang jika Pantai Boom ini dijuluki pantainya orang kota, sebab lokasinya berada di pusat kota Banyuwangi.

Pantai Boom ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari warga sekitar Banyuwangi maupun luar kota. Berbagai fasilitas kini mulai terpenuhi untuk menikmati pantai Boom. Payung pantai, Aphiteater, mushola, taman, dan warung makan / pedestrian yang tertata rapi sangat baik untuk dikunjungi. Baca juga pantai sukamade

keunggulan pantai Boom, dari tempat ini kitadapat menikmati pemandangan gunung dan berlatarkankan pulau Dewata bali. Dikenal dengan tagline The sunrise of java, tentunya pantai ini menawarkan pemandangan dan hangatnya mentari pagi.

Pantai Boom Banyuwangi juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit pertama kali di pulau jawa. Pantai boom sangat cocok sekali untuk bersantai bersama keluarga,sembari menikmati kelapa muda dengan pemandangan pantai yang eksotis.

Sejarah dan Keeksotisan alam pantai Boom Banyuwangi 

Pantai Boom terletak di Kabupatem Banyuwangi, tepatnyadi daerah Kelurahan Kampung Mandar. Lokasi objek wisata di Banyuwangi ini terbilang cukup strategis. Sejak jaman dahulu, pantai ini telah dimanfaatkan sebagai salah satu pusat perdagangan dan transportasi di daerah Banyuwangi.

objek wisata di indonesia


Di Pantai Boom, Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang terbilang cukup menarik. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan yaitu olah raga pantai seperti jet ski, paralayang, paramotor, dan juga kegiatan berkuda.

Pantai Boom Banyuwangi dahulu merupakan sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit, dan merupakan tempat singgah para pedagang dan saudagar antar daerah dan negara.
Kapal - kapal membawa berbagai angkutan, biasanya kopra dan kapal-kapal nelayan. Hal ini dibuktikan dengan dermaga-dermaga pelabuhan, gudang-gudang bekas dan sebuah tempat pelelangan ikan yang sudah tidak dipakai.

Pantai Boom dikenal warga sebagai dermaga penyeberangan penghubung Jawa-Bali, sebelum pelabuhan Ketapang semegah sekarang ada. Boom sudah digunakan sebagai jalur transportasi kedua pulau bertetangga yang masih memiliki hubungan sejarah dan juga info dari masyarakat ini pantai boom Banyuwangi angker ,entah percaya atau tidak .

Pantai Boom ini Seiring difungsikannya pelabuhan penyeberangan Ketapang, Kalipuro, perlahan - lahan keramaian Pantai Boom mulai surut.

Hanya aktivitas nelayan ikan yang melakukan penangkapan di sekitaran selat Bali saja yang tetap menggunakan lokasi ini.
Selain itu pantai Boom sangat indah dan mempesona dan tak kalah dengan pantai pantai lainnya ,dan salah satu di favoritkan oleh wisatawan sebagai tempat liburan saat liburan tiba .

Akses menuju pantai Boom Banyuwangi 

Pantai Boom terletak di bagian timur kota Banyuwangi. Daripusat kota jaraknya hanya sekitar 2 kilometer, sehingga bisa dibilang Pantai Kota adalah pantai yang berada di dalam kota.
Dari kota Banyuwangi, untuk menuju Pantai Boom ini bisa dibilang mudah dijangkau dengan becak, ojek motor maupun kendaraan pribadi. Sejauh ini belum ada jalur angkutan umum yang melewati Pantai Boom. Rambu- rambu yang mengarah ke pantai ini juga jelas, sehingga tidak sulit untuk mencapai Pantai Boom bagi pengunjung luar kota sekali pun.

objek wisata di indonesia


Dari Simpang Lima, masuk ke Jalan dr. Sutomo hingga Taman Blambangan. Dari traffic light Taman Blambangan menuju arah utara hingga bundaran PLN, lalu belok kanan masuk Jalan Nusantara. Semua kendaraan bisa masuk ke Pantai Boom .untuk tiket masuk pantai bom Banyuwangi cukup terjangkau ,dan anda bisa menikmati pemandangan dan sejarah yang ada disana 

Subscribe to receive free email updates: